Adsense

Rekomendasi Font Arab untuk Desain Bernuansa Islami

Bagi kamu yang ingin membuat desain, entah itu banner, spanduk, poster, leaflet yang bernuansa islami pastinya butuh yang namanya font yang bergaya ke-arab-araban. Bukan font arab asli melainkan font alfabet dengan gaya tipografi arab. Jadi walaupun tulisannya sekilas seperti arab namun cara membacanya tetap latin, dari kiri ke kanan. Desain dengan font ini mudah kta temukan pada desain seperti di banner pengajian, spanduk Idul Fitri dan Idul Adha. Gaya font seperti ini menguatkan nuansa islami yang ingin disampaikan secara visual. Terlebih dengan background masjid, nuansa hijau dan cerah. Sebenarnya ada banyak font seperti ini, namun sudah saya ringkas menjadi yang paling populer digunakan orang. Langsung saja lihat fontnya dibawah ini.


1. Alhambra

alhambra
Alhambra dibuat oleh Harolds Font sebagai tipografi bernafaskan islami dengan lekukan menyerupai huruf arab. Karakteristik yang menonjol adalah garis baseline yang konsisten menyambungkan antar huruf. Ada 2 opsi yang bergaris bawah tebal dan normal. (link download)

2. Afarat ibn Blandy

afarat ibn blady

Font Afarat dibuat oleh nowak.tv. Karakteristiknya hampir mirip dengan huruf arab kaligrafi, sehingga sangat sulit dibaca, namun tetap bisa dibaca dengan samar-samar. {link download}

3. Ketupat Ramadhan

ketupat ramadhan font

Ketupat Ramdhan merupakan font arabic yang cukup mudah dibaca. Pengguna font ini dapat semakin memekatkan kesan ramadhan, isilami dan sedikit playful. Dibuat oleh HansCo, font ini tersedia di dafont secara gratis untuk komersil dan non komersil (link download)

4. XXII Arabian Onenightstand

xxi font

XXII Arabian Onenightstand dibuat oleh Lecter Johnson dan lisensi oleh doubletwo.net. Ciri khas paling menonjol pada font ini adalah garis bersambung di x-height setiap huruf lowercase. Titik-titik belah ketupat semakin memantapkan desain yang berkesan arabic (link download)

5. Sketsa Ramadhan

sketsa ramadhan

Font ini hampir mirip dengan gaya Ketupat Ramadhan, namun sedikit lebih ramping atau condensed. Cocok digunakan untuk desain hari raya idul fitri atau hari besar islam lainnya. {link download}

6. Hidayatullah

hidayatulah


Salahg satu font arab yang tersedia di Dafont dengan gaya elegant, dibuat oleh user bernama Artoni. Sayangnya font ini hanya untuk non komersil. Kalian harus membeli lisensinya untuk penggunaan komersil.  (link donwload)

7. Arab Dance

arab dance
Arab Dance dibuat oleh Manfred Klein, gaya arabic, namun overall terlihat terpisah setiap huruf. (link download)


Demikian beberapa rekomendasi font yang mungkin cocok untu desain kalian semoga bermanfaat.

Read Also Contoh Banner Pengajian yang Simple & Elegant

0 Response to "Rekomendasi Font Arab untuk Desain Bernuansa Islami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel