Adsense

Cara Pump & Dump Coin di Indodax

Dalam dunia cryptocurrency kata-kata pump and dump sering diucapkan oleh para trader. Pump dalam dunia trading berarti sebuah manipulasi harga supaya harganya naik, sedangkan dump merupakan manipulasi harga supaya harga turun. Umumnya kegiatan pump and dump atau pom-pom dipasar saham dilakukan oleh entitas yang memiliki sejumlah uang yang banyak dari kebanyakan pelaku pasar. Orang itu adalah broker, institusi atau sejenisnya sedangkan dalam crypto orang tersebut disebut whale atau paus.

Contoh dari tragedi dump di crypto terjadi sekitar bulan Mei ketika BTC sudah mencapai All Time High (ATH) suatu ketika whale dari China sell of bitcoin akibat larangan pemerintah China akan kegiatan yang berkaitan dengan crypto. Hal ini menyebabkan market sideways hingga 1 bulan lebih hingga akhirnya naik kembali.

pump

Pump ditandai dengan candle hijau yang menjulang tinggi, sedangkan dump ditandai dengan candle merah yang panjang. Biasanya pump & dump terjadi secara singkat dan tak terduga. Hal inilah yang menjadi karakteristik market crypto yang sangat volatile.

Lalu apakah kita bisa melakukan kegiatan pump and dump ini di salah satu exchange seperti Indodax. Tentu bisa, tapi kalian harus memperhatikan beberapa hal dibawah ini.

Carilah koin yang:

  • Trading volumenya rendah.
  • Isi order book kecil-kecil
  • Tidak ada tembok (order berjumlah besar di harga tertentu)
Hal diatas berguna supaya efek loncatan harga bisa maksimal terutama bagi yang punya dana terbatas.

Jika belum punya akun indodax bisa daftar disini.

Cara Ngepump

Jika sudah ketemu target koin yang mau di pump, perhatikan tabel market jual.
Arahkan mouse ke salah satu baris harga pada tabel market jual maka akan muncul sum total yang dibutuhkan untuk ngepump pada harga tersebut. Contohnya dibawah ini untuk ngepump koin SRM ke harga 115000 butuh dana 27.993.601 rupiah.
ngepump

Semakin scroll ke bawah, harga semakin tinggi dan biaya untuk ngepump juga banyak untuk melibas order jual. Jika sudah menentukan target harga dan biayanya silahkan langsung beli koin itu dengan opsi market/instant.
buy instant


Cara Ngedump

Sama seperti cara ngepump, kita lihat pada tabel sebelah kanan pada market beli. Semakin kebawah harga semakin murah. Namun kita harus punya stok barang untuk dijual. Jadi harus sudah akumulasi sebelumnya, setelah terkumpul banyak barulah kita bisa ngedump.

Jadi inti dari aktivitas pump and dump ini adalah beli/jual secara instant dengan jumlah besar.
kelemahannya adalah beli dapat harga yang semakin mahal dan jual dapat harga yang semakin murah.

Banyak trader indodax yang menghindari cara ini, dan lebih memilih pasang order jenis limit setelah itu nyeles di chatroom supaya ada seseorang yang ngepump/ngedump dan mengenai jaring-nya.

0 Response to "Cara Pump & Dump Coin di Indodax"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel