Adsense

Takut Rugi? Ini Dia Cara Aman Main Kripto

crypto investor

Saat ini semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk berinvestasi ke dalam aset kripto. Salah satu alasannya adalah kripto menawarkan penggunanya mendapatkan keuntungan yang tinggi dalam waktu yang relatif cepat. 

Harga mata uang kripto bisa tiba-tiba melambung tinggi hingga ratusan juta rupiah untuk satu koinnya, tetapi hanya dalam waktu beberapa jam saja harga tersebut juga bisa tiba-tiba turun drastis, sehingga mengakibatkan kerugian besar untuk beberapa trader.

Harga mata uang kripto yang fluktuatif ini lah yang membuat banyak investor pemula takut kehilangan uang yang selama ini sudah diinvestasikan. Untuk menghindari hal tersebut, cara aman main kripto memang sangat dibutuhkan.

Lalu, bagaimana cara aman main kripto agar terhindar dari kerugian? simak dalam artikel ini ya


Cara Bermain Kripto Dengan Aman

Bagi investor pemula wajib untuk mempelajari bagaimana cara bermain kripto dengan aman dan mempelajari serta menerapkan strategi yang tepat agar benar-benar mendapatkan keuntungan dan bukan “kebuntungan” dari investasi tersebut.

Berikut cara bermain kripto secara aman yang bisa langsung kamu gunakan.


Registrasi Akun Di Platform Exchange

Agar kamu bisa melakukan jual beli mata uang kripto, kamu perlu membuat akun terlebih dahulu di sebuah marketplace. Pilihlah platform exchange yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) untuk keamanan investasi kamu.

Beberapa exchange yang populer seperti Indodax, Pintu, dan Tokocrypto. Selain platform tersebut, di Indonesia sendiri terdapat 13 perusahaan aset kripto yang sudah mendapatkan izin dari BAPPEBTI sejak Desember 2020.

Setelah memilih marketplace yang akan kamu gunakan, selanjutnya kamu akan diminta untuk melakukan proses Know Your Customer . Di dalam proses ini, kamu diharuskan untuk mengunduh KTP, foto, dan dokumen lain yang dibutuhkan untuk mendaftar.

Proses verifikasi akun akan membutuhkan waktu 1x24 jam. Perlu diingat, ketika memilih marketplace perhatikan juga biaya yang dibutuhkan untuk deposit awal hingga penarikan ke mata uang rupiah. 


Kenali Mata Uang Kripto Yang Akan Dibeli

Setelah memiliki akun, langkah selanjutnya adalah kenali mata uang kripto apa yang ingin kamu beli. Sebab, dikutip dari coinmarket.com saat ini terdapat 13,000 koin kripto yang beredar di marketplace.

Beberapa aset kripto yang bisa diperjualbelikan adalah Bitcoin, Dogecoin, Cardano, Litecoin, Alice, dan masih banyak lagi.

Setiap koin tersebut memiliki harga yang berbeda-beda, misalnya harga alice coin pada 28 Oktober 2021 adalah Rp. 153,526 atau $10.78 untuk satu kepingnya. 

Selain membeli koin digital di marketplace, kamu juga bisa mendapatkan mata uang kripto dengan bermain game lho!

Game ini adalah axie infinity, game besutan Sky Mavis ini bisa memberikan penggunanya uang kripto berupa koin Ethereum.  


Jangan Terburu-buru Menjual Aset

Ketika kamu melihat harga mata uang digital yang kamu miliki turun atau anjlok usahakan untuk tetap tenang dan jangan buru-buru mengambil keputusan untuk menjualnya.

Malah kamu bisa membeli lagi dengan harga yang lebih rendah untuk memperoleh average price  lebih rendah. 


Pakai Uang Dingin

Uang dingin disini adalah bukan uang yang digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari ataupun dana darurat. Melainkan uang yang tidak termasuk ke dalam dua kategori tersebut.

Misalnya kamu memiliki uang Rp. 7.000.000 untuk kebutuhan harian Rp. 3.000.000, dana darurat Rp. 2.000.000 masih sisa Rp.2.000.000. Nah, uang sisa tersebutlah yang bisa kamu gunakan untuk investasi.


Selalu Tenang Dan Sabar

Hal terakhir yang bisa membuat kamu mendapatkan keuntungan dari investasi kripto adalah tetap tenang dan juga sabar. Selama aset kripto yang sudah kamu pilih tersebut bagus demand nya, meskipun harga koin digital milik kamu turun tidak lama kemudian pasti akan naik kembali.

Demikianlah pembahasan terkait cara aman bermain kripto bagi pemula, Untuk memahami lebih lanjut terkait aset kripto, langsung saja kunjungi website Pintu. 

Pintu adalah aplikasi jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, kamu bisa mengecek pergerakan harga aset, membaca berita-berita terbaru tentang crypto serta melakukan investasi dan trading hanya mulai dari Rp11.000 saja, lho. Download Pintu di Play Store dan App Store kamu!

0 Response to "Takut Rugi? Ini Dia Cara Aman Main Kripto"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel