Adsense

5 Era dalam Blockchain Cardano yang Harus Kamu Tahu

koin cardano roket

Halo para hodler, semoga sehat selalu. Kali ini kita akan membahas salah satu koin kesayangan kita yaitu Cardano. Seperti kita tahu tahun 2021 adalah tahun bersejarah bagi Cardano karena telah meluncurkan fitur smart contract. Fitur ini sangat berdampak positif bagi fundamental Cardano itu sendiri. Karena dengan smart contract, blockchain ini bisa dimanfaatkan untuk membuat aplikasi DApps seperti layaknya jaringan ETH, BSC, dll. Otomatis akan lebih banyak demand dan membuat harga Cardano to the moon atau to the mars dst.

Fitur Smart Contract yang baru diluncurkan ini sebenarnya adalah implementasi dari peralihan Era yang sudah terencana dalam Roadmap Cardano. Total ada 5 era dan kita sudah menempuh era ke-3. Masing-masing memiliki nama keren yang berasal dari ilmuwan sains. Jika kamu penasaran apa saja era dalam Blockchain Cardano, simak penjelasannya dibawah ini.

1. Byron

byron
Disebut juga pondasi atau awal pengembangan Cardano, disini konsesnsus ouroboros proof of stake dijalankan dalam mainnet. Protokol ini diklaim telah melalui berbagai pengujian, penelitian dan peer-reviewed dari ahli matematika dari seluruh dunia. Lalu diluncurkannya token ADA di tahun 2017, wallet daedalus, yoroi dan paper wallet. Selain itu dibangun team support yang mengatasi masalah teknis atau exchange. Uniknya lagi diluncurkannya visualisasi 3D Medusa yang menampilkan perkembangan github repository Cardano dari tahun 2015 sampai 2018.

2. Shelley

sheley
Tidak seperti era Byron, transisi ke Era Shelley dirancang untuk mencapai transisi yang mulus dan berisiko rendah tanpa gangguan layanan. Tujuan utama dalam era ini adalah desentralisasi, dimana node-node mulai diaktifkan dan dijalankan oleh semua komunitas di jaringan. Level desentralisasinya diklaim bisa 100 kali lipat lebih desentral dibanding blockchain-blockchain besar lainnya. Kelebihan lainnya adalah fitur delegate yang memungkinkan pengguna melakukan staking di wallet tanpa resiko menitipkan dana ke staking pool. Era Shelley merupakan pematangan jaringan serta menjadikannya lebih berguna, bermanfaat, dan berharga bagi pengguna baru dan lama serta untuk persiapan pada ekosistem yang lebih besar di masa depan.

3. Goguen

goguen
Inilah era yang dimulai tahun 2021, dalam era ini kita bisa membuat smart contract dengan Plutus. Untuk membuat smart contract di jaringan Cardano harus bisa bahasa pemrograman haskel. Selain itu ada pula fitur Marlowe untuk membuat smart contract dengan mudah tanpa pemahaman pemrograman teknis. Marlowe adalah domain-specific language (DSL) dalam Plutus yang ditujukan kepada pelaku bisnis dan finansial. Dengan ini diharapkan semua orang bisa membuat smart contract yang berfungsi dan terverifikasi dan bisa diimplementasikan di dunia nyata.

4. Basho

basho
Jika sebelumnya fokus fungsi dan desentralisasi, dalam era Basho ini pengembangan lebih difokuskan pada skalabilitas dan interoperabilitas untuk menciptakan jaringan yang mampu menampung transaksi dalam jumlah yang besar. Salah satu strateginya adalah menciptakan blockchain baru (sidechains) yang beroperasi dengan jaringan utama Cardano. Blockchain baru itu digunakan sebagai mekanisme Scarding yakni pemindahan muatan sementara untuk meningkatkan kapasitas jaringan. Sidechain juga mendukung peralihan fungsi dari UTXO ke Account-Based untuk meningkatkan interoperabilitas (kegunaan). Intinya, jaringan akan lebih kuat, cepat dan fleksibel. Fungsi baru bisa terus ditambahkan tanpa menggurangi peforma jaringan itu sendiri.

5. Voltaire

voltaire
Dalam era terakhir ini, pengembangan Cardano tidak akan lagi jadi tanggungjawab IOHK melainkan seluruh hodler Cardano. Semua orang bisa mengajukan proposal pengembangan jaringan dengan sistem pemungutan suara. Stake holder dengan kriteria tertentu akan berhak memberikan suara atas pengembangan tersebut. Selain voting juga ada sistem perbendaharaan dimana sebagian dari biaya transaksi akan digunakan untuk pengembangan jaringan. 

Jadi untuk hodler Cardano, ini baru pertengahan dari pengembangan jaringan. Tetap delegasikan koin kalian di wallet dan teruslah berinvestasi karena Cardano adalah masa depan blockchain. Bagi yang belum tahu cara delegate ADA langsung saja ke postingan ini Cara Staking Cardano di Wallet Yoroi

0 Response to "5 Era dalam Blockchain Cardano yang Harus Kamu Tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel