Adsense

Cara Membuat Animasi Gif di Adobe Illustrator

Mungkin kalian familiar dengan gambar berekstensi GIF, suatu gambar yang bisa bergerak berulang ulang. Gambar ini sebenarnya berisi beberapa gambar yang digabung sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambar bergerak. Animasi GIF bisa juga dibuat dengan software adobe photoshop, disana fiturnya lengkap. Tapi bukan berarti kalian tidak bisa membuatnya di aplikasi Adobe Illustrator, saya sudah mencobanya dan akhirnya berhasil membuat beberapa artwork aimasi yang saya jadikan NFT, bisa kalian cek disini https://opensea.io/collection/mockroach.

Berikut saya beberkan teknik membuat animasi di Adobe Illustrator, cukup simpel dan semua pasti bisa melakukannya. 

Pada tutorial ini saya contohkan animasi sederhana dengan 5 frame.

1. Buat New Document ukuran 500x500 dengan cara...... File > New... lihat gambar dibawah.

new

2. Lalu saya buat gambar sederhana lingkaran dan kotak buat animasi mirip permainan pimpong, Saya anggap kalian bisa melakukannya hanya menggunakan tool Rectangle dan Elipse. 

pimpong

3. Sekarang kita buat frame ke 2 dengan mengcopy Artboart yang pertama supaya mendjadi Artboart berikutnya. Caranya gunakan Artboard Tool klik tahan lalu geser ke samping sambil menekan Shift dan ALT, seperti mencopy object biasa. Objek sekaligus objek akan tercopy.

arboard

4. Kita tinggal mengkreasikan gerakannya animasinya pada frame 2. Dalam tutor ini saya buat bola memantul sehingga saya geser bola pada Artboard 2 keatas. Jika sudah copy lagi dengan cara no. 3 hingga membentuk 5 frame animasi yang siap digabung. 

Berikut ini hasil kreasi saya.

animasi illustrator

5. Jika sudah siap kita tinggal Export ke PDF, File > Save As > PDF. Lalu kunjungi website https://ezgif.com/pdf-to-gifWebsite ini fungsinya mengconvert PDF ke Gif.

Kalian tinggal upload aja ke sana.

ezgif

6. Tunggu sampai selesai lalu centang Create animated Gif ubah delay time sesukamu misal 1 yang berarti 1 mili second. Setelah itu klik Convert to GIF!

animasi
Berikut ini hasil animasi diatas.


Benar benar sangat mudah, kalian tinggal meningkatkan skil animator kalian untuk membuat gerakan yang lebih realistis dan nyata. Happy design.!!

0 Response to "Cara Membuat Animasi Gif di Adobe Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel