Adsense

Ciri-Ciri SMS Penipuan dan Cara Melaporkannya

Apa itu SMS penipuan? yah, tentunya berisi ajakan, himbauan atau juga kabar undian berhadiah. Misalnya kalian mendapatkan sejumlah uang, mobil atau bahkan rumah. Semua yang dapat berita ini pasti hatinya berbunga-bunga ingin segera mengambil hadiah tersebut. Sang penipu juga akan senang tipe orang seperti ini, yang mudah tertipu dengan iming-iming hadiah. Mereka akan meguras kocek anda dalam-dalam bagaimanapun alasannya sebelum anda mendapatkan hadiah tersebut. Tapi setelah di bayarpun hadiah yang dinanti tidak kunjung datang. Alhasil kita pun merasa stress karena tertipu. Bahkan bisa memicu potensi bunuh diri bila kerugian yang ditimbulkan itu sangat masif.

Maka dari itu kita harus membuka pikiran kita sejenak dari segala tipu daya orang-orang pintar ini. Usahakan kita harus lebih pintar dari mereka pengetahuan kita harus lebih tinggi sehingga bisa menganalisa apakah ini sms asli atau rekayasa penipuan.

Saya sendiripun sering mengalami ini, berikut ini salah satu sms mereka.

sms penipuan

Disitu tertulis bahwa saya mendapatkan hadia Toyota Innova, saya dituntut untuk membuka link situsnya dan mengklaim pin yang saya dapatkan. Tapi saya sangat yakin sekali bahwa sms ini adalah sms penipuan. Akhirnya saya balas dengan pura-pura senang untuk membalas penipunya namun tak ada balasan yang berarti.

Ciri Ciri SMS Penipuan


Dari pengalaman yang saya dapatkan dari SMS-SMS Penipuan yang saya dapatkan. Berikut ini ciri-ciri SMS penipuan yang kalian harus waspadai, supaya tidak ada lagi korban orang-orang yang tak berdosa.

  1. Menggunakan Nomor Tidak Resmi, nomor bisa dilihat bukan berupa teks.
  2. Share link website gratisan, website yang di host dan domain gratis, biasanya url berupa subdomain, misalnya gembel.blogspot.com, gembel.jimdosite.com, ulala.wixsite.com dll
  3. Desain website yang jelek, diikuti dengan foto polisi, ktp, direktur surat polri untuk meyakinkan calon korban.
  4. Disuruh untuk menghubungi nomor telpon tertentu, nomor telpon biasa.
  5. UUD ujung-ujungnya duit, biasanya berakhir dengan meminta sejumlah uang kepada korban dengan alasan untuk biaya pengiriman, pajak dll.
Demikian ciri-ciri umum penipu yang wajib kalian ketahui supaya tidak ketipu, lalu bagaimana cara melaporkannya?
Untungnya di Indonesia sudah tersedia media pengaduan trust positif oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Untuk melaporkannya kalian tinggal kirim emal ke aduankonten@mail.kominfo.go.id lengkap dengan url website penipu, biasanya dalam waktu kurang dari 24 jam akan dibalas dan mereka akan meminta informasi Nama dan Domisili kamu.

melaporkan shoppe



Kominfo akan segera menindak lanjuti website itu dan langsung memblokirnya bila terbukti salah.

Oke, sekian dulu tips dari saya semoga bermanfaat.

0 Response to "Ciri-Ciri SMS Penipuan dan Cara Melaporkannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel