Iklan

Cara Membuat Sudut Tumpul di Adobe Ilustrator

Sudut adalah suatu pertemuan antara 2 garis di satu titik, dimana kebanyakan sudut itu berbentuk lancip.  Sudut lancip dalam dunia desain berkesan keras tajam dan kaku. Sebaliknya sudut tumpul memberikan kesan modern dan lembut. Contohnya pada ikon rounded square yang marak di Iphone atau aplikasi android. 

Dalam menggambar sudut tumpul atau rounded corner itu sebenarnya mudah, dalam setiap software vektor pasti ada fitur untuk mengeditnya. Pada postingan sebelumnya yang berjudul Cara Membuat Sudut Tumpul di Corel Draw sudah saya jelaskan dengan gamblang betapa mudahnya membuat sudut tumpul di software itu. 

Begitu juga dalam Adobe Ilustrator, membuat sudut tumpul sebenarnya mudah hanya saja kita belum tahu sebelah mana letak menunya.

Untuk itu saya akan beri tahu letak menu untuk membuat sudut tumpul itu.

1. Pertama-tama kalian buka Adobe Illustrator

2. Buat Shape terserah dalam tutorial ini saya buat objek bintang yang sudut lancipnya banyak. Caranya klik tahan Rectangle Tool lalu klik Star Tool pada list. Klik dan tarik pada kanvas tarik sambil klik shift ctrl atau alt hingga sesuai ukuran dan bentuk yang dikehendaki.

bintang

3. Cara membuat sudut tumpul, klik objek dengan Selection Tool (V) lalu pilih menu Effect > Stylize > Round Corners... Muncullah window dibawah ini. (yang betanda merah)

round corner

Kalian biasa mengatur Radius pembengkokannya sesuka kalian, lalu jangan lupan centang preview supaya hasilnya kelihatan langsung. Jika sudah puas silahkan klik Ok.

Selanjutnya kalian bisa meng-Expand supaya bisa menjadi vektor yang dapat diedit pathnya.

Demikian caranya sangat mudah sekali untuk menumpulkan objek. Semoga bermanfaat ya...

Baca juga Cara Menumpuk Fill dalam satu Gradien di Adobe Illustrator

0 Response to "Cara Membuat Sudut Tumpul di Adobe Ilustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel