Iklan

Cara Tes Kecepatan CPU RAM VGA Harddisk Komputer di UserBenchmark

Komputer merupakan alat komputasi yang sangat dibutuhkan di jaman millenial ini. Tak hanya komputer desktop, hp pun sekarang sudah bisa dikatakan komputer. Karena kinerjanya yang hampir setara, bisa melakukan apapun seperti yang dilakukan komputer. Kekurangan dari HP adalah tidak bisa di upgrade setiap komponennya, tapi bagi para pengguna desktop komputer, upgrade pc merupakan hal yang biasa. Sebelum upgrade kitapun harus tahu komponen-komponen di dalam komputer kita.

Nah, untuk melihatnya ternyata sangat mudah kamu tidak porlu bongkar komputer untuk mengecek merk dan spesifikasinya. Cukup dengan software yang disediakan userbencmark kamu bisa melihat semua komponen pcmu beserta merek-mereknya. Selain untuk mengecek merk, software ini bisa untuk mengecek peforma komputermu. Dan juga bisa kamu bandingkan dengan komputer user lain yang mememiliki komponen yang sama.

Mengecek kinerja komputer itu sangat penting, untuk troubleshot apa yang bikin komputermu lelet, dan masalah hardware yang tidak kompatibel. Semuanya akan terkuak dengan software ini. Bagi kamu yang pengen build pc gaming, situs ini juga sangat membantumu untuk menemukan komponen yang optimal dengan estimasil hasil build komputer. Tersedia juga hasil FPS dari user lain yang memainkan game tertentu dengan pc rakitannya. Setiap detiknya selalu ada user yang melakukan test, bisa kamu lihat sendiri disana. Pokoknya lengkap deh...

Yuk langsung saja kita bahas cara mengecek komponen komputermu, baik CPU, RAM, VGA, Harddisk bahkan motherboard akan terlihat disini.

Langkah Langkahnya

1. Kunjungi situs https://www.userbenchmark.com/ download softwarenya dengan tombol free download-nya yang terpampang didepan mata. Ini adalah software portable hanya brukuran 5 mb.

screenshot userbencmark


2. Jika sudah didownload langsung saja double klik dan run softwarenya yang didownload tadi. Bisa kamu lihat komponen apa saja yang akan dicek dan deskripsinya. Sayangnya tidak bisa dipilih komponen apa yang ingin dites, otomatis semua akan dites. Jika ingin mengetes, pastikan kamu sudah menutup semua aplikasi supaya hasil pengetesannya akurat, jika sudah, langsung saja klik tombol run.

tes kecepatan komputer

3. Sakarang software sedang menganalisa dan melakukan pengetesan terhadap setiap komponen komputermu, Cukup lihat apa yang terjadi, proses ini tidak bisa kamu cancel atau setop.

Setelah proses selesai, maka hasil pengujian akan dimunculkan di browser default. Lihat screenshot dibawah ini.

user pc

Berikut akan saya jelaskan maksud dari result page ini.

Pertama kamu harus tahu sistem pelevelan atau pengkastaan di UserBenchMark.
Mereka menggunakan analogi kelautan, seberapa kuat kendaraan laut itu melawan ombak.
Setiap nilai prosentase memiliki label tersendiri.
Lihat tabel ini untuk lebih jelasnya.

UFO (Piring terbang) > 100%
Nuclear submarine (Kapal selam nuklir) > 90%
Aircraft carrier (Kapal induk) > 80%
Battleship (Kapal perang)> 70%
Battle cruiser (Kapal tempur penjelajah) > 65%
Destroyer (Kapal perusak) > 60%
Gunboat (Perahu meriam) > 55%
Yacht (Kapal pesiar) > 45%
Speed boat (Perahu motor cepat) > 40%
Jet ski (Jet ski) > 35%
Sail boat (Kapal layar) > 30%
Raft (Rakit) > 25%
Surfboard (Papan selancar) > 15%
Tree trunk (Batang pohon) > 0%

1. Gaming (%): Berapa level kemampuan pc mu untuk masalah gaming.
2. Desktop (%): Berapa level kemampuan pc untuk masalah komputasi atau pemrosesan data, misalnya untuk merender video, mengkompres data, dll.
3. Workstation (%): Seberapa kuat komputermu melakukan banyak pekerjaan dalam waktu bersamaan.

Level ini bisa menentukan apakah komputermu termasuk komputer menengah kebawah atau menengah keatas. Saya sarankan upgrade pcmu sampai ketiga faktor diatas berwarna hijau atau diatas gunboat.

Dijendela sebelah kanan tertera informasi merk motherboard, total RAM dan OS yang kamu gunakan, resolusi, dll.

Nah kalau kamu scroll kebawah lagi kamu bisa menemukan peforma setiap komponen vital PC-mu, Sangat terlihat jelas mana yang performanya buruk dan yang diatas rata-rata.

Menurut data diatas, berarti komputer saya ramnya masih dibawah rata-rata, mungkin karena tidak kompatible dengan motherboard, atau sudah agak rusak. Peforma paling bagus adalah SSD dengan hasil Bench yang Outstanding.

Sebelum upgrade, kamu juga bisa mensimulasi hasil upgade kamu nanti dengan menekan tombol add to pc build.

Sudah jelas kan, upgrade pc itu penting, supaya komputermu tetap update biar mampu menjalankan software atau game terbaru. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Tes Kecepatan CPU RAM VGA Harddisk Komputer di UserBenchmark"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel