Iklan

Cara Menghitung daya yang dibutuhkan Power Supply Komputer

power supply

Power supply merupakan suatu komponen penting dalam sistem komputer. Bagaimana tidak, PSU merupakan komponen yang mengatur dan memberikan daya kepada komponen komputer lainnya, seperti CPU, RAM, Harddisk, SSD, Motherboard, VGA dan lainnya. Jika komponen kalian high end tapi PSU kalian abal-abal makan akan cepat rusak hardware kalian atau bahkan langsung mati. Apalagi jika kalian mengabaikan kapasitas daya suatu psu bisa bisa psu anda meledak dan juga komponennya. Untuk itu menghitung daya adalah hal yang wajib dilakukan bagi anda yang ingin upgrade komponen selain PSU.

Jika kalian sangat awam dalam hal perkomputeran, akan saya beberkan cara menghitung PSU yang cocok untuk komponen komputermu. Barangkali kalian ingin upgradde bagian komputerlain dan bingung cara menentukan berapa watt psu yang kalian beli, berikut ini sakan saya beberkan cara menghitungnya.

1. Cara Manual

Caranya ya kamu lihat spek komponen, biasanya akan ada angka yang berakhiran W, bisa dipastikan itu angka total daya watt yang dibutuhkan komponen itu. Kalian bisa melihat speknya di situs resmi mereka. Nah, jika semua sudah ketemu tinggal ditambah semua, dan itulah hasil total power suply yang dibutuhkan. Tapi saran saya beli power suplly yang lebih dari total daya terutama jika kamu beli power suplly murahan yang bukan true power. Untuk jaga-jaga bila ternyata dayanya hanya mampu setengah dari total daya yang tercantum. Jika kamu mau upgrade, saya sarankan membeli PSU yang bersertifikasi 80+ bronze/gold biar aman.

2. Cara Otomatis

Cara ini lebih simple karena otomatis kita akan tahu kebutuhan berapa dan apa power supply yang cocok. Fitur kalkulasi power supply biasanya tersedia di beberapa website produsen Power Supply itu sendiri. Contohnya Cooler master, yang bisa dicek disini https://www.coolermaster.com/power-supply-calculator/
atau bisa juga https://www.bequiet.com/en/psucalculator atau https://seasonic.com/wattage-calculator, disana kamu tinggal pilih perangkat yang kamu gunakan maka otomatis mereka akan menghitung total daya yang dibutuhkan oeh cpu mu. Diikuti juga beberapa rekomendasi dari psu mereka. 

Nah begitulah cara mudah menghitung daya power supply semoga bermanfaat...




0 Response to "Cara Menghitung daya yang dibutuhkan Power Supply Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel