Review Drone Syma X5UW, Drone Murah Dibawah 1 juta

Jujur, ini adalah drone pertamakali yang saya beli. Saya tertarik membeli drone karena saya ingin melihat pemandangan luas di ketinggian yang melebihi rumah dan juga untuk keperluan melihat pemandangan yang sulit dijangkau. Karena pemula saya memilih membeli drone murah seperti merk SYMA X5UW ini. Walau pun murahan saya kira drone ini tidak murahan sepenuhnya, karena kualitasnya cukup bagus dan masih awet hingga saat ini.

syma x5uw


Pertama-tama akan saya ulas dari segi bahannya, seperti drone pada umumnya, drone SYMA X5UW ini memakai bahan plastik yang cukup kokoh dan ringan, sehingga daya angkatnya lebih kuat, dan tahan terhadap benturan, alias tidak gampang pecah. Sudah saya buktikan sendiri drone jatuh di ketinggian 3 meter masih mulus tanpa pecah sedikitpun.

Jika dari segi baling-baling, cukup menjanjikan, dan awet karena dilengkapi dengan braket pengaman sehingga tidak usah khawatir kalau baling- baling terbentur tembok. Tapi terkadang jika halangan bisa masuk diantara sela pengaman baling- baling, jadi baling-baling tidak sepenuhnya terlindungi. Dalam paket juga sudah dilengkapi baling-baling cadangan, jadi jika sewaktu-waktu copot atau patah, bisa diganti dengan baling-baling cadangan. Kelemahannya walau tidak cukup penting adalah penutup baut pada kipas yang sering copot dengan sendirinya, sekarang 2 dari 4 penutup baut merah tersebut telah hilang ditelan bumi pada drone saya setelah berkali-kali jatuh.

Dari segi motor, sangat responsif dan awet walau berkali kali macet terhambat sesuatu. Kelemahannya hanya pada gerigi yang mengubungkan dengan kipas, saat terjadi kecelakaan yang dramatis dan berbenturan dengan keras, salah satu kipas sering macet dikarenakan gerigi yang menghubungkan baling-baling dan motor meleset dari jalur. Jadi kalau tiba-tiba satu atau lebih baling baling tidak berputar atau berputar sangat lambat dan terasa seret, tidak usah panik. Langsung saja buka baut dan penutup bagian bawah motor drone dekat lampu yang menyala, lalu tekan dengan lembut gerigi motor yang menunjol keluar hingga sejajar dengan gerigi besar yang menghubungkan dengan kipas.

remot syma

Sekarang kita bahas remotnya, remotnya cukup unik lembut dan nyaman saat digenggam, tuas kontrolernya juga sangat halus saat digerakkan. Dilengkapi juga dengan jepitan hp untuk melihat kamera fpv real time. Namun 4 tombol bagian atas untuk rekam foto, video, 360 flip dan take off terlalu kecil, sehingga terkadang salah pencet tombol.

Sinyal yang dihasilkan drone ini juga cukup jauh sekitar up to 50m, namun jangan coba-coba menerbangkan terlalu tinggi, pernah saya coba sampai ketinggian sekitar 5 lantai, alhasil drone hilang kendali, mengikuti arah angin dan jatuh di kebun tetangga. Videonya dapat kamu lihat dibawah ini.



Kalau kualitas video sih bisa kalian lihat sendiri video diatas, hd sih tapi gambar kadang terlihat bergelombang, dan gerakan yang kasar, maklum gak ada gimbal. Fpsnya cuma 15, tapi cukup berguna sih untuk survey atau sekedar melihat kondisi yang tidak terjangkau. Tapi jangan mengendalikan drone hanya dengan tampilan fpv realtime dr hp, karna videonya agak telat dikit, misalnya secara fisik dronmu sudah nabrak tapi di tampilan masih di jarak 0.5 meter. Jadi lihat juga drone fisikmu jika tidak mau kehilangan uang 400rb hehe...

Jadi kesimpulannya drone ini cocok digunakan bagi pemula yang ingin berlatih mengendalikan drone sambil melihat kamera fpv yang pas pasan.
Suatu pijakan pertama sebelum beralih ke drone yang lebih mahal dan berkualitas.

Demikian review tentang drone SYMA X5UW ini, semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang bingung milih drone.

Baca juga Review Teleskop Celestron 130eq, Tele Harga 5 Jutaan

0 Response to "Review Drone Syma X5UW, Drone Murah Dibawah 1 juta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel