Adsense

Cara Membuka File AI tanpa Software Adobe Illustrator

Bagi yang belum tahu dan masih bingung apa sebenarya file AI itu. File AI merupakan ekstensi yang dihasilkan oleh software Adobe Illustrator, yang bisa dibuka dengan software-software editor vektor. Gambar vektor adalah gambar yang terbentuk dari kurva, garis dan titik yang di hitung secara matematis sehingga menghasilkan gambar yang tidak terbatas resolusi.

Selain AI, ekstensi vektor lainnya antara lain, CDR, PDF, EPS, SVG. Karena tidak terbatas resolusi, sebagian besar gambar vektor digunakan untuk keperluan cetak yang besar seperti banner, baliho, spanduk, backdrop dll. Tapi tidak jarang pula digunakan untuk keperluan digital, terutama untuk menghindari gambar pecah pada teknologi smartphone yang mengadopsi layar retina display/unlimited resolution.

Sebenarnya file AI diperuntukkan untuk software Adobe Illustrator. Namun bagi kamu yang tidak punya softwarenya atau software vector lain. Ada alternatif lain, saya akan bongkar caranya disini. Work untuk hp dan untuk pc, tanpa instal aplikasi apapun.


Merubah Nama Ekstensi

1. Uniknya file AI bisa dibuka walau diubah ekstensinya ke PDF. Tak usah pakai converter, kamu tinggal merename saja nama filenya yang misalnya nama.ai menjadi nama.pdf

Bagi pengguna windows 10 sebelum bisa merename ekstensi kamu harus mengaktifkan file name extension. Caranya buka explorer lalu klik view, centang File Name Extension. Lihat gambar dibawah ini utuk lebih jelasnya.

file extension

Setelah itu klik kanan pada file AI lalu rename dan ubah ekstensinya jadi .pdf berikut, atau bisa juga dengan klik 1 kali pada nama file, contohnya sbb:
pdf

Bagi pengguna android kalian bisa menggunakan aplikasi explorer kalian masing masing untuk mengubah ekstensi ini.

Jika sudah berubah jadi pdf kalian bisa buka pakai aplikasi browser, seperti chorme, firefox, dll. 

Via Online

Banyak situs online yang menawarkan pelayanan converter file. Tapi untuk saat ini saya sarankan hanya menggunakan google drive. Kalian akan bisa melihat penampakan file ai kalian.

Silahkan buka akun google drive kalian masing masing, atau bisa lewat link ini https://drive.google.com/

Upload file AI disana, Caranya cukup mudah bisa langsung drag and drop atau pencet tombol Baru dan klik upload files.

upload files

Kalau sudah keupload sekarang langsung saja klik file yang baru kalian upload tadi, maka isi dari ai akan tampak.

google drive

Demikian cara yang bisa saya bagikan, jika kalian merasa bermanfaat. Silahkan share ke teman-teman kalian atau komen dibawah jika ada masalah.

0 Response to "Cara Membuka File AI tanpa Software Adobe Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel