Adsense

Cara Mencari Link Error 404 di Postingan Blogger

Mencari error link tentunya menjadi hal yang sangat sulit bagi kita blogger pemula. Terlebih jika sudah membuat banyak postingan, kita tidak mungkin mengecek link 1/1 postingan secara manual. Tapi kalian tidak usah khawatir, kali ini saya punya trik untuk mencari broken link tersebut. 

Apa dampak jika broken link dibiarkan? tentunya sangat besar, semakin banyak broken link semakin SEO Score kita menurun dan berampak buruk di mata google. Bahkan traffict bisa menurun gara-gara banyak page error. 

Umumnya error ini berkode 404 page not found. Bisa dicoba bila kita memasukkan url website kita dengan path yang salah contoh https://www.masvian.com/p/asdf. Error ini disebabkan url kita salah path terhadap konten internal blogger, maka blogger akan menampilkan halaman 404.

Tapi untungnya ada Google Analytics, manfaatnya jika kamu sudah pasang google analytic adalah kamu bisa melihat traffict secara realtime dan melihat data pengguna, pageview, demografi dll. Alat inilah yang akan kita gunakan untuk mendeteksi link error 404. 

Bagi kamu yang belum pasang Google Analytics, maaf sekali tutorial ini hanya bekerja bagi mereka yang sudah pasang google analytics minimal 1 bulan, biar datanya matang. Kalau kamu belum pasang silahkan pasang dulu Google Analytics di bloggermu, cari tutor di google banyak.

Pastikan juga kamu menggunakan properti Google Analytics 4, karena yang lama sudah banyak errornya dan sudah tidak dapat digunakan..


Cara Mencari Error Link 404 lewat Google Analytics 4

1. Buka Google Analytics kalian, pilih Engagement > Halaman dan Layar. Lalu ketikkan "page not found" di kotak pencarian.
page not found

2. Setelah itu ubah mode Judul halaman dan jenis layar menjadi Jalur halaman dan jenis layar biar muncul url yang nanti akan kita cari. Setelah kamu ubah hasilnya akan seperti ini.

judul halaman dan jenis layar


3. Nah setelah kita tahu linknya apa kita tinggal copy linknya, kalao tidak bisa dicopy kita bisa copy lewat inspect element di browser kita. Kebetulan saya pake chrome jadi tinggal pencet klik kanan > Inspect atau bisa pake shortcut CTRL + Shift + I. 
copy inspect element

Step-stepnya sudah saya jelaskan urutan nomornya digambar, pertama klik tombol select an element, klik pada elemen yang berisi url yang ingin dicopy. Otomatis akan diarahkan ke kode elemen, silahkan langsung copy dengan cara klik 2 kali pada teks lalu tekan CTRL+C pada keyboard.

4. Jika sudah dicopy silahkan kembali ke blogger dan masukkan url yang error tadi di search box. Otomatis postingan yang berisi link error tersebut akan muncul, dan kita tinggal edit postingannya.
link broken



Mudah sekali kan, semoga tutorial singkat ini bermanfaat bagi kalian para blogger mania. 

0 Response to "Cara Mencari Link Error 404 di Postingan Blogger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel