Adsense

Kumpulan Software 3D Gratis yang Bisa Kamu Download Sekarang

Seiring berjalannya waktu dan kecanggihan teknologi, membuat dunia animasi juga mengalami perkembangan yang pesat. Terbukti dengan banyaknya film-film animasi 3D yang menyebar di sektor perfileman dunia. Selain itu, film hollywood juga menggunakan 3D modeling dan animasi untuk membuat karakter pengganti secara virtual. Terutama karakter yang tidak mungkin beraksi di dunia nyata seperti spiderman, venom, transformer, jurrasic, dll. Beberapa diantaranya juga menggunakan 3D untuk membuat pemandangan yang tidak mungkin dibuat di dunia nyata, seperti di luar angkasa, dalam bumi, dan planet lain dan pemandangan lainnya yang bersifat fiksi. Komputerisasi 3D telah banyak membantu dan menghemat anggaran pembuatan film.

Perusahaan seperti animasi seperti pixar, lucas film, dll menggunakan software khusus yang didukung dengan komputer yang canggih sehingga proses pengerjaannya dapat cepat dan tanpa gangguan. Software mereka tidak bisa kita temukan di internet tapi ada alternatif software 3D lainnya yang tak kalah canggih dengan software mereka, bahkan beberapa diantaranya telah digunakan untuk film animasi lokal di Indonesia. Ingin tahu apa saja itu? berikut list software 3D gratis yang bisa kamu unduh dan gunakan sepuasnya.

1. Zmodeler

zmodeler

Zmodeler merupakan software 3D ringan yang biasanya digunakan untuk modeling kendaraan, karakter dan map. Software ini menjadi favorit para modder game, baik itu gta, need for speed, atau 18WoS karena bisa mengimpor model dari game, mengedit, dan mengekspornya kembali ke format semula. Selain untuk game, software ini juga bisa export ke format 3ds dan obj, jika ingin diimpor ke software 3d yang lain. Ukurannya softwarenya hanya 20 mb, namun fasilitasnya sudah cukup memuaskan bagi mereka yang hobi modder game.

2. SketchUp

skechup

Software ini yang pertama kali saya gunakan saat terjun ke dunia 3D. Karena memiliki UI(User Interface) simpel dan mudah dimengerti dari software 3D lainnya. Skechup adalah software buatan Google, namun sejak 2012 diakuisisi oleh Trimble Inc. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan SketchUp, seperti modeling rumah, perabotan, lanskap alam dan karakter bahkan untuk membuat simulasi dan animasi juga bisa. Tapi sayangnya rendernya masih kurang realistik, dan biasanya modeler akan mengeksportnya untuk merendernya di software lain yang lebih bagus.

3. 3DS Max

3ds max

Bagi yang sudah lama bergelut di dunia 3d pasti sudah tidak asing dengan software ini, maklum software ini lebih canggih dari software-software yang lain. Bagi orang baru pasti bingung akan banyaknya tombol-tombol, tapi sebenarnya jika sudah tahu, software ini sangat mudah digunakan. Bisa digunakan untuk segala jenis modeling, bahkan kita bisa membuat film animasi dengan software ini, konon film upin-ipin menggunakan software 3DS Max. Keunggulan software ini adalah fitur rendernya yang menghasilkan gambar yang realisik, jika mahir dalam mensetingnya orang-orang akan sulit dibedakan mana gambar yang asli dan mana buatan. Tapi untuk software versi terbaru butuh komputer dengan spek yang tinggi supaya lancar.

4. Blender

blender

Blender merupakan software 3D yang open source walau masih kalah fiturnya dengan 3DS Max. Blender adalah proyek publik yang dibuat oleh ratusan orang dari seluruh dunia, baik itu seniman, ilmuwan, pelajar, pakar VFX, animator, seniman permainan, modder, dan lainnya. Fitur-fiturnya sangat lengkap dan mudah digunakan, terutama untuk memahat model atau karakter yang rumit dan kompleks. Sudah banyak film-film animasi 3D dan program TV menggunakan software ini untuk proyeknya. Kabar baiknya, software ini gratis dan bisa digunakan untuk tujuan apapun baik komersil maupun non komersil.

5 | Sculptris

scrulptris

Dengan software ini kamu bisa membuat model 3D hanya dalam beberapa menit tanpa harus menginstal perangkat lunak 3D apa pun. Membuat model 3D akan semudah membentuk objek menggunakan tanah liat. Model pertama yang disajikan adalah bola yang selanjutnya dapat dikembangkan oleh pengguna dengan peregangan, pemahatan, perataan, penarikan dll. Sehingga menjadi alat yang ideal saat membuat karakter animasi atau video game. Sculptris dibuat oleh Pixologic, pencipta Zbrush. Software ini lebih cocok untuk pemula yang mengengal dunia 3D.

0 Response to "Kumpulan Software 3D Gratis yang Bisa Kamu Download Sekarang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel